Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Teknik Digital Printing Buat Custom Kaos

 

custom kaos

Memulai bisnis memang hal yang sangat menyenangkan, bisnis custom kaos misalnya yang mulai banyak dipilih orang. Hal ini tentunya seiring dengan jumlah permintaan kaos sablon full print di berbagai daerah dan kualitas yang berkembang.

Dalam memproduksi kaos memang wajib kamu memperhatikan desain kaos, bahan yang kamu gunakan, warna kaos yang sedang trend dan harganya. Selain itu yang tidak kalah penting adalah teknik yang kamu pakai untuk membuat kaos dengan sablon full print.

Ragam Teknik Sablon Digital

Ada banyak teknik yang bisa kamu gunakan untuk memproduksi kaos, teknik sablon digital memang sedang naik daun karena proses pengerjaannya yang tidak memakan banyak waktu. Apalagi kamu juga diberi kebebasan untuk memilih warna.

Nah berikut ini beberapa teknik yang membuat kaos sablon lebih awet dan sablonannya tidak mudah rusak:

  • Teknik Transfer Paper

Dimana dengan cara ini kamu akan mencetak gambar atau motif desain yang kamu buat di atas bahan kaos dengan perantara transfer paper. Pada prosesnya memang teknik transfer paper butuh mesin hot press, untuk membantu proses transfer tinta dan mengeringkan hasil cetakan.

Teknik ini juga telah terbagi menjadi dua jenis, pertama ada transfer paper standar dan transfer paper dark. Bedanya kalau kamu pakai yang standar, kamu bisa menggunakannya untuk membuat kaos warna putih. Sedangkan yang dark, diperuntukkan untuk kaos yang warnanya gelap seperti navy, hitam, coklat, dan sebagainya.

  • Teknik Sublimasi

Yang membedakan antara teknik transfer paper dan sublimasi ialah terletak pada tinta yang kamu gunakan. Karena secara proses keduanya sama dan menggunakan temperatur hot press hingga 2000 derajat celcius.

Pada proses sablon dengan teknik ini, usahakan kamu menggunakan bahan kaos polyester dan kurang cocok kalau kamu peruntukkan bagi kaos cotton murni.

  • Teknik Cutting

Teknik cutting merupakan cara menyablon yang tidak membutuhkan printer gunakan mencetak desain motifnya. Hasil cetakkannya juga bagus karena bisa memberikan efek timbul pada desain motif yang kamu buat.

Dengan teknik ini kamu juga membutuhkan mesin hot press dan alat pemotong agar dapat menghasilkan efek timbul yang maksimal.

  • Teknik DTG

Teknik DTG atau Direct to Garment, merupakan cara salon kaos yang umum di kalangan pelaku bisnis custom kaos. Karena teknik DTG dinilai bisa mengefektifkan pekerjaan yang kamu jalan.

Pada prosesnya kamu membutuhkan berbagai peralatan diantaranya mesin DTG, komputer dan mesin hot press dan sebagainya. Hal yang bisa kamu dapatkan juga tidak main-main yaitu hasil sablonnya menjadi lebih awet dan terlihat mengkilat. Selain itu kamu juga bisa memvariasikan teknik warnanya, karena dengan teknik DTG hal tersebut jauh lebih beragam.

Bagaimana sudah tau mau menggunakan teknik sablon digital untuk custom kaos yang mana? Intinya sesuaikan dengan bahannya dan desain yang akan kamu buat. Apabila teknik sablon yang kamu pakai kurang sesuai bisa mempengaruhi kualitas sablon pada kaos yang kamu buat.

Posting Komentar untuk "4 Teknik Digital Printing Buat Custom Kaos"