Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Tepat Merawat Kampas Rem Motor Agar Tetap Awet

motor custom untuk pemula


Rem adalah salah satu sparepart penting pada motor yang harus lo perhatikan, brads. Karena rem yang rusak bisa menyebabkan kecelakaan yang sangat membahayakan saat di perjalanan. 

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, sangat disarankan untuk selalu rutin mengganti kampas rem. Agar kampas rem ini bisa awet dan membuat motor custom untuk pemula tetap berfungsi baik, maka harus tahu bagaimana cara merawatnya.

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa rem adalah komponen yang paling penting pada kendaraan manapun. Termasuk untuk motor yang jelas berperan penting untuk masalah keselamatan. Berikut ini adalah langkah untuk membantu dalam merawat kampas rem motor:

Bersihkan Kampas Rem

Cara pertama dalam merawat kampas rem adalah dengan memastikan bahwa membersihkan kampas rem secara berkala. Karena kampas rem dekat dengan ban motor, sudah pasti akan sering terkena kotoran. Di mana kotoran ini sendiri akan membuat kampas rem perlahan menjadi tidak bekerja dengan baik. Jadi, lo harus memastikan kampas rem selalu dalam keadaan bersih.

Pastikan Ada Jarak dengan Piringan

Ketika lo ingin membuat kampas rem tetap awet, maka pastikan ada jarak dengan piringan. Dalam artian lo perlu men-setting kampas rem ini tidak terlalu dekat sehingga kampas rem tidak cepat aus. Ketika kampas rem ini terlalu dekat, maka sudah pasti kampas rem akan terus menerus mengalami gesekan dan membuatnya cepat aus.

Berikan Minyak Rem

Salah satu cara agar kampas rem tetap dalam keadaan awet adalah memastikan untuk memberikan minyak rem. Hal ini sangat penting agar kinerja dari kampas rem bisa maksimal. Tidak hanya itu saja, adanya minyak rem ini juga akan membantu kampas rem tidak cepat aus.

Perhatikan Cara Berkendara

Gesekan pada kampas rem yang terlalu sering pasti akan membuatnya jadi cepat aus. Di mana gesekan yang terlalu sering karena cara berkendara adalah salah satu penyebab utama. Misalnya adalah saat lo mengendarai dalam kecepatan tinggi dan kemudian mengerem mendadak akan membuat kampas rem mengalami gesekan kencang.

Jika lo terus-menerus menggunakan kebiasaan ini, maka jangan heran jika selalu mengganti kampas rem sebelum waktunya. Akhirnya pun pengeluaran akan membengkak dan pastinya tidak akan merasa nyaman saat mengendarai motor. Jadi, pastikan cara berkendara lo tidak membuat kampas rem cepat aus ya, brads.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat kampas rem supaya tetap awet. Jika lo memang adalah penggemar motor, lebih baik bergabung dengan komunitas modifikasi motor Suryanation Motorland Riders di Facebook Group. Komunitas yang satu ini adalah yang terbesar di Indonesia dan lo bisa mendapatkan banyak pengalaman yang tidak dapat dilupakan. Apalagi dengan berbagai macam event yang telah diadakan. 

Posting Komentar untuk "Langkah Tepat Merawat Kampas Rem Motor Agar Tetap Awet"