Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Hal-hal Berikut sebelum Pasang Panel Surya

 

Pasang Panel Surya

Panel surya memang memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan bagi para penggunanya. Mulai dari hemat biaya, ramah lingkungan, hingga sumber energinya tidak akan habis membuat banyak orang beralih ke penggunaan panel tenaga surya. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memasang PLTS sebagai berikut.

Perhatikan Hal Berikut sebelum Memasang Panel Surya

1. Kebutuhan dan Keuangan

Sebelum memasang panel tenaga surya sebagai supplier energi listrik, anda wajib mempertimbangkan mengapa anda memasangnya di rumah atau bangunan anda. Pastikan apakah anda ingin memasang panel sebagai pengganti pasokan listrik utama di rumah atau hanya ingin menambah daya listrik saja.

Anda wajib menentukan terlebih dahulu kebutuhan anda sebelum pasang panel surya. Sebab, hal tersebut sangatlah penting untuk mengetahui berapapun atau alasan apapun anda menggunakan panel solar ini. tentunya, ada biaya yang wajib anda keluarkan untuk memasangnya. Dengan menggunakan pelayanan SUN Energy, anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan keuangan anda.

2. Lokasi Pemasangan Panel

Setelah anda siap untuk memasang panel, anda wajib mempertimbangkan arah kedatangan sinar matahari. Bila panel surya dihalangi oleh suatu bangunan, benda, atau pohon, maka solar panel tidak dapat bekerja dengan baik, sudut kemiringan panel juga wajib dpertimbangkan agar ia mampu menangkap banyaknya sinar matahari. Bila anda ragu, anda bisa meminta teknisi yang ahli dalam pemasangan panel.

3. Luas Lahan dan Kapasitas

Setelah anda menentukan tujuan dari instalasi panel, anda wajib mempertimbangkan juga berapa besar daya yang mampu ditampung oleh panel surya anda. Bila kapasitas penggunaan listrik anda lebih besar daripada daya tampung solar panel, maka solar panel tidak mampu bekerja dengan baik serta bisa membahayakan keselamatan dari terjadinya over capacity.

4. Lokasi Pemasangan

Selain luas lahan, anda juga wajib mengetahui lokasi bangunan atau rumah yang akan dipasang panel surya. Dengan mengetahuinya, anda bisa mengenal potensi daya radiasi matahari. Contohnya, bila anda bertempat tinggal di Pulau Kalimantan, potensi daya matahari maksimal mencapai 4,8 kWh.hari dengan kemiringan solar panel yang menghadap ke selatan. Hal ini karena pulau Kalimantan di atas garis khatulistiwa.

Perlu anda catat bahwa bila kota yang ditempati berlokasi di bawah garis khatulistiwa, maka pemasangan panelnya menghadap ke selatan. Sedangkan pada kemiringan yang berada di wilayah Indonesia, sangat disarankan untuk pasang panel suryanya dengan besar kemiringan sudut  5° hingga 15°.

5. Jenis Atap Rumah atau Bangunan

Jenis atap juga sangat berpengaruh pada pilihan jenis dan tipe struktur penyangga panel. Sebagian besar rumah yang ada di Indonesia menggunakan genteng berbahan keramik sehingga dudukan penyangganya dapat dipasang di antara sambungan genteng. Dengan ini, anda tidak perlu mengubah struktur atap anda.

Ada 5 hal penting yang wajib dipertimbangkan sebelum pasang panel surya. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, anda telah menemukan panel surya mana yang sesuai dengan anda. Layanan SUN Energy sangat siap membantu anda untuk memilih panel mana yang cocok dengan DP 0%.

 

Posting Komentar untuk "Perhatikan Hal-hal Berikut sebelum Pasang Panel Surya"