Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Kulit Yang Ampuh

 

KAO life academy

Menjadi organ tubuh terbesar dan terluar kulit manusia sangat rentan sekali terkontaminasi dengan bakteri dan kotoran lainnya. Dengan mengabaikan kesehatan kulit akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang jauh lebih serius loh. Inilah pentingnya untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit dengan cara yang tepat dan sesuai anjuran.

 

Perawatan kulit pastinya tak hanya mencakup dengan pemakaian produk skin care namun untuk keperawatan dari dalam dengan pola hidup yang sehat. Lantas apa saja sih yang perlu kita perhatikan saat ini memperoleh kecantikan kulit dari luar dan dalam?

 

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Yang Benar Dan Ampuh

 

Sebenarnya ada tiga hal mendasar yang perlu Kamu lakukan untuk memperoleh kulit yang sehat yaitu membersihkan menjaga kelembaban serta melindunginya. Untuk memperoleh tujuan itu berikut ini Kamu simak beberapa tips yang harus Kamu lakukan untuk memperoleh kulit yang sehat.

 

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Menerapkan Pola Makan Sehat

 

Makanan yang ada konsumsi akan sangat berpengaruh dengan kesehatan kulit Kamu sendiri. Tak hanya makanan yang bergizi seimbang pastikan juga menu harian Kamu bersihkan makanan dengan kandungan antioksidan dan vitamin yang penting untuk kulit.

 

ada beberapa pilihan makanan yang baik untuk kulit mulai dari buah dan sayuran yang warnanya kuning seperti misalnya wortel dan tomat. Ada boleh sayuran yang berdaun hijau seperti bayam dan brokoli, susu yang rendah lemak, buah berry, kacang-kacangan serta ikan berlemak seperti salmon dan ikan kembung.

 

Lebih Baik Tidak Merokok

 

Nah salah satu cara untuk merawat kulit yaitu dengan menjauhi kebiasaan buruk seperti misalnya merokok. Merokok sendiri akan mempersempit pembuluh darah kecil pada lapisan terluar kulit Kamu. Yang berakibat aliran darah tersebut akan menurun serta membuat kulit terlihat lebih pucat dan kusam.

 

Dengan merokok juga akan merusak kolagen serta elastin yang ada pada jaringan kulit tubuh Kamu. Yang mana kedua hal itu merupakan protein terpenting untuk menjaga kulit Kamu tetap sehat dan lentur. Dengan rusaknya kolagen dan elastin akan menyebabkan kerutan pada kulit sehingga kulit akan tampak cepat tua.

 

Mengelola Stres Kamu Sebaik Mungkin

 

Hormon kortisol yang tubuh hasilkan ketika stres akan meningkatkan produksi minyak alami pada kulit Kamu. Dan minyak yang berlebih lambat lahan justru akan menutup pori-pori kulit sehingga menjebak bakteri penyebab jerawat. Inilah pentingnya perawatan kulit tidak akan lengkap tanpa pengelolaan stres yang baik dari diri kita.

 

Kamu bisa saja coba luangkan waktu sebentar untuk melakukan hal yang Kamu sukai seperti rehat sejenak dari berbagai kesibukan atau bisa berkonsultasi dengan psikolog jika perlu.

 

Perbanyaklah Aktivitas Fisik

 

Aktivitas fisik akan membantu menjaga kesehatan kulit Kamu dengan cara meningkatkan pasokan darah yang kaya akan oksigen serta nutrisi ke dalam sel kulit. Berdasarkan studi pada jurnal aging cell tubuh akan melepaskan zat yang disebut IL-15 ketika manusia sedang berolahraga.

 

Oksigen serta nutrisi yang cukup akan membentuk sel kulit untuk meremajakan diri.

Sementara IL-15 akan menghambat kerusakan kulit sampai ke tingkat selnya. Alhasil kulit Kamu pun akan tetap sehat serta proses penuaan kulit akan berjalan sedikit lebih lambat.

 

Tidurlah Dengan Cukup

 

Kualitas tidur Kamu yang baik akan membantu memberikan waktu pada kulit untuk beristirahat serta memperbarui sel-sel yang rusak. Yang mana hal tersebut sudah dibuktikan pada penelitian terbitan jurnal clinical and experimental dermatologi tahun 2015 lalu.

 

Penelitian tersebut menemukan jika sekitar orang yang tidurnya 7 sampai 9 jam pada malam hari mempunyai kulit yang akan lembab dibandingkan dengan orang yang tidurnya di bawah 7 jam. Tak hanya itu tidur yang cukup juga kan mencegah munculnya kantong mata kerusakan kulit akibat sinar UV dan kulit yang lelah serta kusam.

 

Hindarilah Minuman Yang Beralkohol

 

Perawatan kulit Kamu tak akan pernah optimal jika Kamu tetap mengkonsumsi minuman yang beralkohol karena alkohol akan membuat produksi kolagen berkurang. Apabila kulit kekurangan kolagen tentu proses perbaikan kulit justru akan merambat sampai kerutan dan garis halus muncul secara lebih cepat.

 

Ditambah lagi minuman yang beralkohol akan melebarkan pembuluh darah khususnya pada area sekitar mata. Pembuluh darah yang melebar akan membuat kulit nampak berwarna kemerahan dan menyebabkan pembengkakan untuk daerah kelopak mata.

 

Selalu Lindungi Kulit Kamu Dari Sinar Matahari

 

Kamu perlu untuk menjaga kesehatan kulit dengan cara melindunginya dari paparan sinar matahari. Khususnya ketika matahari berada pada intensitas tertingginya yaitu sekitar pukul 10.00 pagi sampai pukul 04.00 sore. Apabila Kamu tetap harus beraktivitas pada waktu itu tentu sangat dianjurkan untuk melakukan hal-hal yang fungsinya untuk melindungi kulit.

 

Misalnya saja dengan memakai pakaian Tunjung seperti baju yang berlengan panjang celana panjang atau gunakan topi. Tak hanya itu selalu berlindunglah pada tempat yang teduh ketika Kamu beraktivitas pada ruangan. Dan selalu gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 dan pakailah sekitar 20 menit sebelum Kamu beraktifitas dan re apply kembali setiap 2 jam.

 

Selalu Mencuci Muka Dengan Benar

 

Mencuci muka sendiri akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran serta bakteri yang menempel pada kulit khususnya kulit wajah. Apabila Kamu mencuci muka dengan sabun pastikan Kamu menggunakan sabun muka yang sesuai dengan tipe kulit Kamu saat ini.

 

Ada berbagai macam jenis sabun muka contohnya sabun muka yang tanpa busa untuk kulit kering dan sensitif. Tanya itu juga sabun muka jelek yang untuk kulit berminyak sabun muka lotion untuk kulit kombinasi serta masih banyak lagi lainnya.

 

Menggunakan Moisturizer Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

 

Perawatan kulit yang baik juga harus Kamu imbangi dengan pemakaian moisturizer atau pelembab karena produk inilah yang akan menjaga kulit tetap terhidrasi dari luar. Sama hanya dengan sabun muka Kamu harus memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit Kamu. Waktu yang terbaik untuk memakai moisturizer adalah setelah mandi atau mencuci muka karena kulit sedang dalam kondisi yang lembab.

 

Sumber : https://www.kaolifeacademy.com/

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Menjaga Kesehatan Kulit Yang Ampuh"