Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kebiasaan Baik untuk Meminimalisir Nyeri di Tulang Belakang

 

klinik dokter spine terbaik Jakarta

Banyak cara untuk mengatasi nyeri di tulang belakang, diantaranya dengan berkonsultasi ke klinik dokter spine terbaik Jakarta dan sekitarnya yang tentunya memberikan beragam perawatan terbaik. Umumnya dokter akan memberikan penanganan berdasarkan  kondisi, faktor, dan risiko dari keluhan yang dirasa. Beberapa penanganan yang diberikan dapat berupa pemberian obat nyeri, terapi fisik, injeksi pada area tulang belakang hingga pembedahan atau operasi.

Namun terlepas dari itu, bagi Anda yang memiliki keluhan berupa nyeri pada area tulang belakang dapat melakukan beberapa kebiasaan baik untuk meminimalisir rasa sakit yang dirasakan, lho. Beberapa diantaranya bahkan bisa membantu memperbaiki kondisi tulang belakang yang sakit jika dilakukan secara teratur dan terus menerus. Simak ulasannya sebagai berikut, yuk!

       Melakukan Aktivitas dan Olahraga Ringan

Bukan rahasia lagi jika olahraga menjadi salah satu solusi dari pola hidup sehat yang seharusnya dibiasakan oleh siapa saja. Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami nyeri pada area tulang belakang, tentu harus tetap melakukan konsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu sebelum benar-benar memulai aktivitas olahraga. Meski begitu, Anda tetap dapat menjalani aktivitas ringan tiap harinya untuk mengurangi sakit yang dirasa dan menimalisir dampak dari otot-otot yang lemah karena jarangnya digunakan.

       Tidur Dengan Posisi yang Benar

Meski sulit untuk dikontrol, ada baiknya Anda mulai memperhatikan cara Anda tidur sehari-hari. Pastikan kasur dan bantal yang Anda gunakan sudah cukup empuk dan tidak ada lapisan keras yang bisa membuat tulang semakin sakit. Usahakan tidur dengan posisi terlentang dan sebelum tidur, Anda bisa meletakkan bantal di bawah dengkul untuk menjaga posisi tulang belakang dalam kondisi netral.

       Rutin Melakukan Peregangan

Langkah ini amat baik untuk mengurangi sakit pada area sendi manapun. Usahakan Anda selalu melakukan peregangan dengan intensitas ringan sebelum dan setelah bangun tidur. Jadikan aktivitas yang satu ini ke dalam daftar kebiasaan yang tidak boleh terlewat. Cukup luangkan 5-10 menit setiap hari, maka rasa sakit pada area persendian dapat berangsur berkurang.

       Tidak Terlalu Lama Duduk

Tahukah Anda jika terlalu lama duduk atau berdiri menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tulang punggung terasa sakit dan nyeri. Apalagi pada area pinggang, rasa sakit yang dirasa sering kali mempengaruhi aktivitas dan membuat kegiatan Anda terhambat. Untuk itu, bagi Anda yang menghabiskan sebagian waktu di meja kerja, ada baiknya untuk beberapa kali bangun dari tempat Anda duduk untuk sekedar ke pantry atau melakukan peregangan ringan.

Selain penerapan gaya hidup melalui aktivitas sehat setiap hari, Anda juga perlu mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi baik untuk tulang dan sendi. Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti anjuran dari dokter spesialis terbaik agar rasa sakit yang Anda derita dapat segera reda dan membaik.

Posting Komentar untuk "5 Kebiasaan Baik untuk Meminimalisir Nyeri di Tulang Belakang"