Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Kualitas Warna Kalung Berlian Asli yang Perlu Anda Pahami

 

kalung berlian asli

Kalung berlian identik dengan harga yang mahal karena menggunakan berlian yang berkualitas. Namun di lain sisi, ternyata masih banyak kalung berlian asli dengan harga terjangkau. Jadi tidak semua kalung berlian yang harganya terjangkau itu palsu. Pasalnya harga kalung berlian ditentukan oleh kualitasnya, salah satunya yaitu warna atau color. Penilaian color atau warna dibuat oleh GIA (Gemological Institute of America).

Urutan kualitas warna menggunakan rentang antara D sampai Z. Warna D adalah berlian terbaik, sedangkan Z adalah berlian yang memiliki warna buruk. Lebih jelasnya, berikut ini adalah urutan kualitas warna dari yang tertinggi ke terendah:

Colourless (D-F)

Urutan kualitas warna berlian yang paling tinggi ada pada kategori D-F yang disebut sebagai colourless atau tanpa warna. Berlian yang memiliki warna kategori D-F adalah berlian termahal jika dibandingkan kelas lainnya. Tampilannya bersih dan cantik, apalagi jika clarity-nya tinggi.

Warnanya yang bening paling cocok dipadukan dengan material white gold atau platinum. Pasalnya berlian akan terlihat jauh lebih indah dan berkilau. Ketika dipasang pada emas kuning, warna D-F terlihat seperti tidak jauh berbeda dengan warna G dan H.

Near Colourless (G-J)

Seperti nama yang disematkan, warna G-J memang near colourless atau mendekati tanpa warna. Anda yang ingin menghemat budget pembelian kalung berlian wanita bisa memilih warna satu ini. Pasalnya harga dari warna ini lebih murah dibandingkan kelas colourless.

Pilih yang berada pada kelas G dan H karena terlihat mirip dengan D-F, meskipun jika diteliti lebih jelas akan ada perbedaannya. Berlian G dan H sangat cocok dipadukan dengan berbagai warna emas, termasuk dengan emas kuning atau yellow gold.

Faint (K-M)

Kelas warna selanjutnya berada pada rentang K hingga M yang disebut dengan faint. Jika kalung Anda memiliki berlian di rentang warna faint, maka akan terlihat sedikit warna kekuningan. Anda bisa melihatnya ketika berlian diposisikan menghadap atas.

Rekomendasi material logam yang cocok dipadukan dengan berlian K-M adalah emas kuning atau yellow gold. Pasalnya warna kuning dari emas mampu sedikit menyamarkan warna kuning yang ditampilkan berlian. Jadi kalung Anda semakin cantik dan menarik.

Very Light (N-R)

Satu tingkat di bawah faint adalah very light. Rentang warna yang masuk ke dalam kelas very light yaitu mulai dari N sampai dengan R. Warna kuning yang ada pada berlian ini terlihat lebih jelas dibandingkan dengan kelas faint. Biasanya dipadukan dengan material seperti perak, titanium, palladium, dan lain sebagainya. Kelebihan berlian dengan warna very light yaitu harganya terjangkau.

Light (S-Z)

Urutan kualitas warna pada berlian yang terakhir adalah light yang berada di rentang S sampai dengan Z. Kualitas warna S-Z adalah kualitas warna paling rendah dari sebuah berlian putih. Tampilan warna kuning terlihat sangat jelas. Bahkan orang awam dengan mata telanjang pun bisa melihatnya. Harga berlian dengan warna light paling murah dibandingkan warna-warna lainnya. Anda harus melakukan pemesanan jika menginginkannya.

Itulah urutan kualitas warna pada kalung berlian asli berdasarkan penilaian dari GIA. Warna memang menentukan kualitas kalung, namun jika budget Anda terbatas, tidak masalah memilih warna di bawahnya seperti G-H. Maksimalkan pemilihan kalung dengan cut dan carat yang tinggi.

Mondial Jeweler adalah brand kalung ternama yang menawarkan berbagai kualitas warna. Meskipun menggunakan warna yang berkualitas, namun harganya masih bersahabat. Anda bisa melakukan konsultasi untuk mendapatkan kalung terbaik. Langsung saja ke gerai resmi Mondial Jeweler di kota terdekat sekarang untuk melihat koleksinya.

Posting Komentar untuk "Urutan Kualitas Warna Kalung Berlian Asli yang Perlu Anda Pahami"