Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memasang Instalasi Pipa Air Jadi Mudah Dengan Cara Ini!

 


Memasang pipa air di rumah tangga meskipun sedikit pun tentu tetap bisa dilakukan oleh anda masing-masing di rumah tanpa membutuhkan jasa tukang pipa. Baik pemasangan pipa untuk air bersih maupun saluran air kotor tentu saja Anda harus tahu triknya agar instalasinya bisa lebih sempurna. Instalasi untuk saluran pipa air yang sempurna akan menciptakan sanitasi air tanpa hambatan alias pipa tidak mudah bocor dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk pemasangan pipa air di rumah, Anda membutuhkan beberapa tips mudah. Apalagi jika anda mengikuti tips berikut ini dari awal sampai akhir, pasti akan menemukan jawaban terbaik yang pastinya dibutuhkan.

  Pakai pipa PVC tipe AW, Jika anda menginginkan instalasi pipa terbaik maka harus memilih pipa tidak hanya dari ukurannya tapi juga tipenya. Tipe pipa air  PVC terbaik yang bisa dipakai yaitu AW. Nah untuk ukuran ideal nya yaitu 1 inci pada saluran air induk seperti misalnya tangki air atau saluran air PAM yang akan masuk ke dalam rumah. Sementara untuk bagian pipa cabang bisa menggunakan ½  inci yang bisa dipakai untuk saluran ke titik kran air. Jika sedang melakukan penghematan budget bisa memilih pipa dengan diameter ½ inci saja yang tentu harganya lebih terjangkau. Hal ini tentu tidak masalah namun yang membedakan hanyalah kekuatan tekanan air yang dikeluarkan tentu saja akan lebih besar jika menggunakan pipa dengan diameter 1 inci.

     Lakukan perencanaan matang, saat akan memasang instalasi air bersih ataupun pada pipa air kotor, maka sebaiknya buat dulu perencanaan yang matang. Perencanaan ini membantu anda lebih mudah dalam pemasangan pipa untuk instalasi air rumah tangga. Anda harus hitung dulu berapa jumlah kamar mandi yang akan dibuat, ini untuk membantu penyuplaian air lebih merata ke setiap kamar mandi. Nah untuk umum biasanya ada dua saluran air induk yang dipisah, ya itu untuk saluran kamar mandi dan juga ruangan servis.

   Membuat saluran air sendiri, untuk kenyamanan penggunaan saluran air di rumah kan lebih baik jika anda punya saluran air sendiri. Saluran air tersendiri ini membuat pendistribusian air lebih mudah. Misalnya saja pembuatan saluran air khusus untuk kamar mandi. Hal ini memudahkan distribusi air kamar mandi lebih tercukupi. Artinya jika Anda sedang menghidupkan keran air untuk kamar mandi utama, maka saluran air di kamar mandi lainnya tidak akan terganggu.

 

Itu tadi solusi yang dilakukan untuk saluran perpipaan air rumah tangga agar lebih mudah dalam pemasangannya. Untuk pipa air yang digunakan pada saluran air rumah tangga ini harus berstandar SNI agar lebih awet dan tidak mudah bocor. Pipa berstandar SNI saat ini yang banyak dipakai adalah dari merk Rucika karena sudah terjamin kualitasnya berpuluh-puluh tahun dan dipercaya masyarakat Indonesia sebagai produk perpipaan lokal nomor 1.

Anda juga tidak perlu khawatir pada produk perpipaan ini untuk efeknya ke lingkungan sekitar. Karena rucika memproduksi alat perpipaan yang ramah lingkungan sehingga limbahnya tidak akan merusak kenyamanan masyarakat. Seluruh produk pipa dari rucika bisa didaur ulang untuk produk baru ketika sudah tidak digunakan lagi. Sementara soal harga, tentu saja Rucika menghadirkan pipa dengan harga yang sangat bersahabat. Anda bisa membeli produk perpipaan Rucika baik di toko bangunan terdekat maupun di toko online serta mendapatkan penjelasan lebih lanjutnya di www.rucika.co.id yang bisa kapanpun anda kunjungi.

Posting Komentar untuk "Memasang Instalasi Pipa Air Jadi Mudah Dengan Cara Ini!"