Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tanaman Sansiviera Yang Membuatmu Langsung Ingin Merawatnya

 

lidah mertua

Udara merupakan salah satu zat yang kita gunakan untuk bernafas. Hal ini dikarenakan udara mengandung oksigen yang mampu menunjang kehidupan makhluk hidup termasuk manusia. Meskipun komposisi oksigen dalam udara sendiri tidak besar namun ketersediaannya ditunjang oleh adanya tumbuhan yang ada dalam lingkungan sekitar. Sehingga penting menjaga lingkungan untuk menyediakan udara yang baik untuk menunjang kebutuhan oksigen.

Tahukah kamu jika tumbuhan yang dibutuhkan untuk kecukupan oksigen tidak harus berukuran besar? Ada loh tumbuhan berukuran kecil yang mampu menunjang kebutuhan dan kualitas udara dalam lingkungan! Nama tumbuhan tersebut adalah Sansevieria atau lidah mertua.

Lidah mertua merupakan tumbuhan yang termasuk sukulen. Tanaman ini memiliki daun berbentuk runcing dengan ciri khas tegap. Jika anda tertarik penanaman tumbuhan ini gampang, apalagi perawatannya juga tidak ada hal yang khusus. Pada beberapa negara maju seperti Prancis sendiri, lidah mertua banyak digunakan sebagai parfum yang dikenakan dalam keseharian karena kandungannya yang sangat bermanfaat tidak hanya mampu menyediakan oksigen saja!

Manfaat apa saja yang sebenarnya dimiliki lidah mertua?

Jadi, manfaat apa saja yang sebenarnya dimiliki lidah mertua? Berikut merupakan beberapa alasannya :

1.    Berkompeten serap aroma tidak enak

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh lidah mertua adalah mampu menyerap bau tidak sedap yang ada pada lingkungan sekitar. Dimana tanaman ini mampu menyerap beragam bau yang tidak sedap dan zat polutan dalam lingkungan. Sebagai gantinya, tumbuhan ini akan menghasilkan oksigen yang banyak dalam lingkungan tersebut.

2.    Menghasilkan oksigen meskipun malam hari

Berbeda dengan tumbuhan kebanyakan yang mampu menghasilkan zat beracun pada malam hari yakni karbon monoksida yang mampu meracuni tubuh. Tumbuhan ini memiliki kandungan CAM yang mampu menunjang ketersediaan oksigen dalam lingkungan dengan baik. Sehingga meskipun hadir di dalam ruangan, tumbuhan ini mampu menyediakan oksigen untuk makhluk sekitarnya.

3.    Mampu menyerap zat polutan dalam lingkungan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain mampu menyerap bau tidak sedap dalam home and living di lingkungan sekitar rumah anda. Dimana lidah mertua mampu menyerap zat polutan yang mengganggu lingkungan. Lidah mertua mampu mengganti zat polutan tersebut dengan menggunakan oksigen yang disediakan lingkungan.

4.    Dapat digunakan untuk menunjang kesehatan rambut

Selain Aloe vera yang mampu mendukung kekuatan rambut, lidah mertua dapat digunakan sebagai penunjang kesehatan rambut. Dimana lidah mertua dapat dipotong lalu diberikan kepada rambut. Getah pada daun lidah mertua tersebut yang mampu menunjang kualitas rambut anda menjadi lebih baik.

5.    Memiliki kandungan antiseptik

Selain mampu menunjang kesehatan dan ketebalan rambut, lidah mertua juga dapat digunakan sebagai antiseptik. Dimana lidah mertua dapat digunakan sebagai pembunuh kuman dalam keadaan darurat. Selama memiliki komponen antiseptik yang direkomendasikan digunakan dalam keseharian, anda dapat mengaplikasikan tanaman ini dalam keadaan darurat saja.

Posting Komentar untuk "Manfaat Tanaman Sansiviera Yang Membuatmu Langsung Ingin Merawatnya"